Wednesday, May 18, 2011

Pengalaman: Recall your memory

Fisika juga merupakan fenomena alam yang pernah kita alami, sadar atau tidak, sengaja atau tidak. Peristiwa-peristiwa tersebut ada yang masih tersimpan dengan baik dalam memori kita.


Menurut teori para peneliti kerja otak, peristiwa sangat menyenangkan atau sangat menyakitkanlah yang dapat tersimpan dengan baik di memori. Sekarang kita akan coba mengeluarkan peristiwa apa yang ada di memori tersebut. Berikut adalah pernyataan-pernyataan berdasarkan pengalaman seseorang yang sangat membekas dalam hidupnya.
1. Saat itu saya sedang dalam perjalanan dari Singaraja (Bali) menuju Bandung, saya sedang ada di bus. Saat melewati Rembang, hari sudah malam, saya tertidur dan mayoritas penumpang lainnya juga sama. Tiba-tiba, Buuum! Yang saya alami, kaca-kaca bertebaran menyiram wajah saya. Dada saya menumbuk senderan jok depan. Suara jeritan bercampur dengan orang yang menangis dan berdoa.
Tabrakan adalah suatu peristiwa besar, semua yang mengalaminya pasti akan menyimpannya dalam memori selama-lamanya, sampai akhir hayatnya. Dikaitkan dengan fisika, peristiwa tabrakan bisa saya uraikan sebagai berikut: yang terjadi adalah peristiwa tumbukan. Suatu massa yang sedang bergerak dengan kecepatan v memiliki momentum. Makin besar m (bus dengan beban maksimum tentulah memiliki m besar), dan v (tentu saja bus tersebut sedang ngebut di jalan panturan yang lebar) makin besar pula momentum yang dimilikinya. Percayalah, momentum itu menyakitkan

2. Untuk pertama kalinya saya naik flying fox. Ya, di masa sekarang orang banyak kembali ke alam. Sensasi di saat meluncur ke bawah sampai saat ini masih teringat. Ketegangan mulai terasa saat peralatan pengaman dipasangkan ke badan kita. Kemudian pada saat naik tangga. Makin tinggi kita naik, makin terasa deg-degan. Begitu sampai di ketinggian akhir. Terlihat betapa tingginya kita. Sampai saatnya tiba: peluncuran. Rasakan bagaimana gravitasi menarik kita ke bawah. Terasa makin lama makin cepat. Adrenalin makin meninggi.
Flying fox adalah wahana yang memanfaatkan percepatan gravitasi. Yang bisa menjadikan rasa kepenasaran adalah: hal apakah yang berpengaruh terhadapa kecepatan luncur? Apakah berat seseorang mempengaruhi? Apakah ketinggian awal berpengaruh? Bagaimana dengan gesekan tali? Mengapa di ujung seseorang harus mengerem laju kita?
Peristiwa-peristiwa apakah yang sangat berpengaruh sehingga tersimpan dengan baik dalam memori anda?

No comments: