Saturday, June 18, 2011

Gerak harmonik dengan menggunakan pegas

Suatu pegas yang diberi massa pemberat di salah satu ujungnya sementara ujung lain ditempelkan pada dinding. Ingat karakteristik pegas? Pegas jika diberi gaya atau simpangan entah itu dalam arah tarik atau tekan akan berusaha untuk melawan. Jika dia ditarik maka akan melawan dengan berusaha menarik kembali ke arah semula. Sebaliknya jika dia ditekan, maka pegas akan menekan balik.


Jika pegas diberi simpangan sebesar –A (ke arah bawah) seperti pada Gambar, maka dia akan memiliki energi potensial sebesar Ep = ½ kx2. Karena hukum kekekalan energi dan jika gesekan dengan udara diabaikan, maka pada posisi awal/keseimbangan, Ep nol dan Ek maksimum sehingga massa berusaha untuk terus bergerak ke atas sampai mencapai simpangan maksimum A (arah atas). Pada simpangan maksimum tersebut, Ek nol dan Ep maksimum sehingga pegas berusaha kembali ke bawah dan seterusnya.
Seperti tadi sudah disebutkan, jika gesekan sistem dengan udara diabaikan dan tidak ada gaya eksternal lain yang bekerja, maka idealnya sistem akan bergerak terus-menerus.

No comments: