Thursday, May 12, 2011

Berkenalan dengan gaya aksi reaksi

Gaya aksi reaksi merupakan gaya yang terdefinisi dalam Hukum III Newton. Setiap ada gaya aksi dari suatu benda ke benda lain, maka benda lain akan melawan dengan gaya reaksinya.
Ciri pasangan gaya aksi reaksi adalah: (1) Segaris dan mempunyai titik tangkap yang sama, (2) Sama besar dan (3) Berlawanan arah.
Contohnya Tarik Tambang(kok nggak ada lomba Tekan tambang ya?).
Kalau kita "potong" tali di tengah, maka pada potongan tersebut ada gaya aksi reaksi. Sisi kiri akan ditarik oleh sisi kanan. Maka sebaliknya sisi kanan akan ditarik oleh sisi kiri. Jadi gaya yang ditampilkan adalah gaya yang bekerja PADA dan bukan OLEH benda teresebut. Lebih lanjut akan dijelaskan pada bagian Diagram Benda Bebas (DBB).
Kalau kita pisahkan orang di sisi kanan dan orang beserta tali di sisi kiri, maka aksi reaksinya ditampilkan pada gambar ke 3.

Berdasarkan definisi tersebut, Anda harus bisa membedakan mana gaya aksi reaksi seperti diperlihatkan pada Gambar di bawah ini.
W (gaya berat) BUKAN aksi-reaksi dengan N21 (gaya normal lantai thd benda). Tetapi N21 aksi reaksi dengan N12 (gaya normal benda terhadap lantai).


Bagaimana masih bingung? Ditunggu komentarnya.

No comments: