Sunday, May 15, 2011

Tidak ada istilah pertanyaan bodoh

Di depan kelas, seperti biasa, kalau saya memberikan materi selalu menanyakan apakah sudah mengerti. Mahasiswa diam. Apakah ada yang tidak mengerti? Mahasiswa diam. Ada yang mau bertanya? Mahasiswa diam. Bagaimana ini?
Kemudian saya menerawang masa lalu saat menjadi mahasiswa. Dalam mengikuti kelas fisika atau kelas lainnya kadang-kadang sebagai mahasiswa kita takut untuk bertanya. Keinginan kuat untuk tahu kalah oleh ketakutan bahwa nanti pertanyaannya dianggap pertanyaan bodoh.
Perlu ditegaskan di sini “Tidak ada istilah pertanyaan bodoh kalau itu menyangkut rasa ingin tahu sesuatu akan fenomena alam tertentu”.


Coba kita kilas balik lagi sebagai anak kecil, atau perhatikan anak kecil di sekitar kita: Mereka sering, bahkan terlalu sering, bertanya. Setiap hal adalah baru bagi mereka maka tanpa pikir panjang mereka akan bertanya. Setiap jawaban menimbulkan pertanyaan baru dan seterusnya. Sampai kadang-kadang kita sebagai orang tua menyerah karena kehabisan jawaban.
Tidak ada definisi pertanyaan bodoh dalam fikiran mereka. Maka sikap seperti itulah yang semestinya terus dipelihara. Sikap selalu ingin tahu, rasa penasaran, mengapa begini, mengapa begitu. Rasa penasaran dan rasa ingin tahu itu jugalah yang banyak melahirkan para penemu.
Oleh karena itulah sekali lagi: Tidak ada pertanyaan bodoh.

No comments: